Sertifikasi Mahasiswa Bisnis Digital 2024

Pengumuman Pendaftaran KKN Angkatan 69

“Kuliah Kerja Nyata”

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan intrakulikuler wajib yang memadukan pelaksanaan catur darma UII dengan metode memberikan pengalaman belajar dan bekerja di masyarakat dengan konsep pemberdayaan. Proses pembelajaran sesuai konsep pembelajaran yang berpusat pada siswa, mahasiswa diharapkan mengimplementasikan sebagai pembelajar di masyarakat yang mempunyai kemandirian selama kegiatan. Dengan mengikuti KKN mahasiswa dapat belajar secara langsung mengidentifikasi serta mengelola masalah maupun potensi yang ada di masyarakat berdasarkan keilmuan, serta mampu beradaptasi dalam kehidupan nyata di tengah masyarakat. KKN secara faktual memberikan tantangan dan kesempatan mahasiswa untuk berkomunikasi, berinteraksi dan berkolaborasi dengan masyarakat dalam menyelesaikan masalah. KKN merupakan salah satu kegiatan akademik yang berperan besar dalam menunjang pencapaian kompetensi lulusan agar mampu memberikan peran kontributif untuk memajukan masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan KKN UII mempunyai beberapa prinsip yaitu menumbuhkan kesadaran masyarakat, partisipatif, keberlanjutan, dan Kemandirian. Selain kegiatan utama tersebut, kehadiran mahasiswa KKN diharapkan memberikan motivasi dan inspirasi tentang pendidikan di perguruan tinggi di tengah masyarakat.

Lihat Pengumuman Pendaftaran KKN Angkatan 69

Bisnis Digital UII Menerima Kunjungan dari Politenik Negeri Bali

Prodi Bisnis Digital UII Menerima Kunjungan dari Politenik Negeri Bali

Pada hari Kamis, 18 April 2024 bertempat di Ruang Sidang Sarjana Terapan FBE UII, Prodi Bisnis Digital menerima kunjungan dari Politeknik Negeri Bali.
Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka revisi dan menyelaraskan kurikulum vokasi terutama pada prodi sejenis yaitu Bisnis Digital.
Bapak Gede Pradiva Adiningrat S. AB., M. AB., C. DM sebagai Koordinator Prodi Bisnis Digital Sarjana Terapan Politeknik Negeri Bali mengatakan bahwa kunjungan ini ditujukan untuk menggali informasi dan berbagi pengalaman mengenai pelaksanaan akreditasi, project based learning, internasionalisasi kegiatan, pengelolaan SDM terutama perekrutan Dosen Praktisi ber-NIDK, serta hal lainnya yang terkait.
Dalam kesempatan tersebut Ketua Program Studi Bisnis Digital, Bapak Arief Darmawan SE., MM memberikan penjelasan mengenai kegiatan internasional yang rutin diikuti oleh dosen dan mahasiswa. Kesempatan kerjasama internasional juga terbuka lebar.
Implementasi project based learning menekankan pada proses belajar mahasiswa yang tidak hanya di kelas namun kepada UMKM dan perusahaan mitra. Selain itu, dosen Prodi Bisnis Digital juga menjelaskan informasi yang berkaitan dengan tujuan studi banding tersebut.

Mahasiswa Prodi Bisnis Digital Mengikuti Ujian CEPT

Mahasiswa Prodi Bisnis Digital Program Sarjana Terapan Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Universitas Islam Indonesia (UII) Mengikuti Ujian CEPT

Yogyakarta, 2 Maret 2024 – Sebagai bagian dari persyaratan kelulusan, mahasiswa Prodi Bisnis Digital Program Sarjana Terapan Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) di Universitas Islam Indonesia (UII) telah mengikuti Ujian Profisiensi Bahasa Inggris, yang dikenal sebagai CEPT (Certificate of English Proficiency Test).

Ujian CEPT ini diadakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris mahasiswa dan memastikan bahwa mereka memiliki tingkat keterampilan yang memadai untuk menghadapi tantangan di dunia kerja yang semakin global. Pihak prodi percaya bahwa kemampuan berbahasa Inggris yang baik merupakan salah satu aspek penting dalam persiapan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja yang kompetitif.

Para mahasiswa Prodi Bisnis Digital Program Sarjana Terapan mengikuti ujian ini dengan serius, menunjukkan dedikasi mereka untuk memenuhi standar akademis yang ditetapkan oleh universitas. Ujian CEPT mencakup berbagai keterampilan bahasa, termasuk mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara, sehingga mengukur kemampuan komprehensif dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

“Kami percaya bahwa mahasiswa yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik akan memiliki keunggulan kompetitif di pasar kerja global. Oleh karena itu, ujian CEPT menjadi bagian penting dari persyaratan kelulusan kami,” kata Kaprodi Bisnis Digital FBE UII, Arief Darmawan, SE., MM, dalam keterangannya.

Hasil ujian ini akan menjadi salah satu faktor penentu kelulusan bagi mahasiswa FBE UII. Selain itu, nilai yang diperoleh juga dapat mencerminkan tingkat kesiapan mahasiswa untuk berkomunikasi secara efektif dalam bahasa Inggris di berbagai situasi profesional.

Mahasiswa diharapkan dapat menunggu hasil ujian ini dengan sabar dan tetap fokus pada persiapan akhir mereka menuju kelulusan.

Semoga ujian CEPT ini dapat menjadi langkah positif dalam meningkatkan kualitas komunikasi bahasa Inggris para mahasiswa Prodi Bisnis Digital Program Sarjana Terapan FBE UII dan membantu mereka mencapai kesuksesan di masa depan.

Mahasiswa Bisnis Digital UII Terpilih Menjadi Duta Inspirasi Indonesia

Mahasiswa Bisnis Digital UII Terpilih Menjadi Duta Inspirasi Indonesia

Pada Kamis, 28 Februari 2024, mahasiswa Bisnis Digital UII terpilih menjadi Duta Inspirasi Indonesia untuk Provinsi Papua Pegunungan. Mahasiswa tersebut adalah Puti Aliya Najwa Syahira. Puti merupakan mahasiswa Bisnis Digital pada semester 2. Duta Inspirasi Indonesia merupakan wadah pemberdayaan pemuda terbaik dari 38 provinsi di Indonesia. Dengan menghadirkan berbagai program kepemudaan yang positif tingkat nasional dan internasional, maka dapat mendukung mendukung tercapainya Indonesia Emas pada tahun 2045. Terpilihnya Puti sebagai Duta Inspirasi Indonesia, diharapkan dapat menginspirasi para pemuda khususnya mahasiswa untuk terus meningkatkan percaya diri dalam berkontribusi untuk kemajuan bangsa.

Mahasiswa Bisnis Digital UII Menjuarai Business Case Competition Tingkat Nasional

Mahasiswa Bisnis Digital UII Menjuarai Business Case Competition Tingkat Nasional

Pada Rabu, 28 Februari 2024 Tim mahasiswa Bisnis Digital UII meraih juara 1 pada kategori Business Case dalam kompetisi bisnis nasional yang diselenggarakan oleh Koperasi Mahasiswa (Kopma) Universitas Islam Indonesia. Kompetisi nasional yang bertajuk “Menjadikan Generasi Muda yang Kreatif dan Inovatif dalam Membangun Bisnis Berkelanjutan dengan Digital Kopma Menuju Era 5.0” merupakan sebuah ajang bagi para mahasiswa untuk mencetuskan ide kreatif dan inovatif dalam bidang kewirausahaan. Tim tersebut terdiri dari 3 mahasiswa yaitu Humaira Kiyani Nadia (Angkatan 2021), Nabila Istiqomah (Angkatan 2022) dan Oktavia Indah Kusuma (Angkatan 2022). Dengan diraihnya prestasi tersebut, diharapkan akan membangkitkan semangat mahasiswa Bisnis Digital lainnya untuk selalu menorehkan prestasi.

Seminar Internasional Pasar Modal – From Zero to Hero

Sosialisasi Akademik bagi Mahasiswa Tingkat Akhir Prodi Bisnis Digital

Pada Jumat, 16 Februari 2024, Program Studi Bisnis Digital menyelenggarakan sosialisasi akademik melalui zoom meeting guna memberikan informasi detail bagi mahasiswa tingkat akhir khususnya pada topik penyelesaian tugas akhir serta beberapa agenda yang wajib diikuti oleh mahasiswa. Dalam kegiatan tersebut, Ketua Program Studi Bisnis Digital, Bapak Arief Darmawan SE., MM memberikan pengarahan dan memotivasi para mahasiswa untuk senantiasa bersemangat dalam menyelesaikan tugas akhir sehingga dapat meraih kelulusan dengan tepat waktu. Materi sosialisasi akademik disampaikan oleh Sekretaris Program Studi, Ibu Andriyastuti Suratman SE., MM yang menekankan pada pentingnya kesadaran atau awareness mahasiswa untuk selalu melakukan bimbingan secara berkala, mengecek aktivitas pendukung kelulusan misalnya SKP, serta pemenuhan syarat kelulusan. Dengan kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa bisa mempersiapkan kelulusan dengan lebih baik dan setelah lulus dapat diserap oleh Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dengan lebih cepat.

CEPT Prepararation Test and Odoo Seminar – Prodi Bisnis Digital